Wednesday, August 8, 2012

# #dearmama # Menulis

#dearmama

Dear mama,

Selamat pagi, siang, sore, atau malam. Ah tidak penting mama membaca ini di waktu apa pun yang penting mama baca suratku ya? Mama pasti nggak tau kapan aku tulis surat ini, ini pun sebelumnya aku ragu akan ku berikan padamu atau tidak.
Maafkan aku ma, suka membiarkanmu sendiri di rumah sampai sore hari datang, bahkan akhir pekan pun aku tetap pergi, tidak diam di rumah. Maaf ma, bukan aku tidak betah ada dekatmu, aku betah sekali dekatmu. Hanya saja, tugas-tugas itu tidak dapat mengerjakan dirinya sendiri ma, dan aku pun butuh main untuk menghibur diri, mama tau kan? Hehehehehe
Ma, sebenarnya tidak ada tempat senyaman didekatmu. Mama tau? Aku sayang sama mama, hanya sajs gengsi selalu mengalahkanku untuk sekedar mengatakan "aku sayang mama", "terimakasih mama", "selamat pagi mama", "selamat hari ibu" atau bahkan "selamat ulang tahun mama" andai mama mungkin punya akun twitter atau facebook aku juga gak perlu malu-malu buat ucapin itu semua.
Ma, lewat ini banyak banget yang pengen aku bilang untuk mama tapi aku tahu itu semua takkan pernah cukup untuk ditulis disini.
Makasih untuk segala hal yang udah mama kasih. Bahkan aku harus bilang makasih sebanyak-banyaknya buat mama. Mama udah rela berat-berat bawa aku 9bulan kemana-mana, di perut mama, ikut kemana pun mama pergi. Sampe akhirnya mama berjuang keras mempertaruhkan hidup dan mati mama demi ngelahirin aku, aku tau betapa beratnya perjuangan mama dan mungkin nanti juga aku akan punya tugas sama seperti mama.

Setelah aku lahir, kata mama dulu aku bawel, cerewet, mama yang selalu ganti popok aku kan? Mama yang kasih aku susu kalo tengah malam aku nangis, atau mungkin mama rela bergadang buat nunggu aku sampe tidur di tengah malam. Ajarin aku makan sendiri, bicara, baca, jalan sendiri, salam sama orang tua, kiss bye, cantiknya. Mama, mama itu baik sekali, nggak ada yang nandingin. Mama itu perjuangan nya besar. Mama itu ngga pantes di kecewain.

Bahkan sampe sekarang umurku 17 tahun, mama tetep rela nyiapin sarapan pagi sebelum aku ke sekolah, nyuciin sebagian baju aku, rapiin buku aku yang berantakan, sisirin rambut aku. Mama yang rela aku repotin. Mama emang selalu negur aku kalo aku salah, maaf ma, kadang aku ngelawan mama, maaf aku kadang ngebentak mama, maaf ma aku bukan ngga ngehargain mama. Aku minta maaf buat semua salah aku sama mama.

Mama itu super, mama jagoan. Mama hebat. Mama jagoan dalam segala hal, dari mulai masak sampe beres-beres rumah. Mama rela cape.
Ma, aku pengen mama tau supaya mama jangan kesel sama anak mama yang cerewet ini. Yang tiap pulang sekolah selalu punya cerita aneh buat di ceritain, mama selalu dengerin walaupun itu ceritanya nggak lucu. Mah jangan kaget ya kalo anaknya pulang bawa cerita ribut mulu. Mama ga pernah kesel kan?
Aku selalu butuh saran mama, makanya aku cerita setiap hal sama mama..
Mama pilihan pertama aku untuk minta pendapat. Mama orang paling berpengalaman di hidup aku.
Ma, aku punya cita-cita suatu hari nanti aku pingin bawa mama jalan-jalan seneng-seneng dengan hasil jerih payah aku, aku mau ngebanggain mama. Mama jangan bosen doain aku tiap habis sholat ya? Aku selalu doain mama.. Kalo aku sukses suatu hari nanti, pasti orang pertama yang aku inget adalah mama. Seseorang yang udah ngelahirin aku, ngerawat aku, ngejaga aku dan ngebesarin aku sampe sebesar ini.
Nggak akan ada yang bisa nandingin tulusnya rasa sayang mama ke anaknya. Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah, iya kan ma?

Mama makasih udah selalu dukung aku, mama nggak pernah marah kalo aku dapet nilai dibawah rata-rata, tapi aku bisa buktiin sama mama kalo aku bisa jadi juara kelas dan dapet beasiswa. Ma, bahagia itu sederhana, seperti melihatmu tersenyum bangga atas apa yang aku dapat. Melihatmu tersenyum atas hasil perjuanganku, membuatku merasa bahwa aku berarti di hidup mama. Membuat aku merasa apa yang aku lakukan tidaklah sia-sia. Yang harus aku lakukan untuk membalas perjuanganmu hanyalah membuatmu bangga, Ma.
Tetap disampingku ya ma, tetap disampingku dan lihatlah aku membanggakanmu.
Tetap disampingku dan tunggu hingga aku sukses, mama harus jadi orang pertama yang melihat kesuksesanku, tidak boleh yang lain.
Ma, surat ini tidak akan cukup untuk mendeskripsikan segal tentangmu dan semua yang ku rasakan padamu atau tentang pandanganku padamu. Mungkin ini hanya seujung kuku dari semua hal tentangmu.

Terimakasih, Ma.
Ich Liebe Dich Meine Mutter.
Bandung, 4 Desember 2011
Teruntuk, Mamaku Tercinta
Dari Anakmu,
Maharani Fitri L N

No comments:

Post a Comment