Sunday, July 7, 2013

# Daily Life

Officially 19th.

Cerita tentang bertambahnya usia. Tepat di tanggal 2 Juli lalu, akhirnya diri ini resmi bertambah tua. Tepatnya menjadi seseorang yang lebih dewasa. Rupanya sudah banyak sekali hal yang terjadi dan sudah saya alami dalam hidup saya ini, selama 19 tahun ini rupanya sangat banyak pengalaman hidup yang saya dapat entah itu baik atau tidak, berguna atau tidak, sengaja atau tidak, diharapkan atau tidak tapi semuanya terjadi begitu saja menjadi sesuatu yang melekat erat selamanya dalam hidup saya. Segalanya takkan bisa dilupakan, hanya akan dikenang dan dijadikan sebuah pelajaran untuk masa depan. Jika selama ini saya melakukan banyak kesalahan, saya memiliki banyak kekurangan ya mungkin kawan-kawan sekalian berkenan memakluminya karena ya beginilah, makhluk tuhan yang satu ini tidak diberkahi banyak kesempurnaan, hanya diberkahi banyak kekurangan, kelebihannya pun tidak terlalu banyak.
Dan satu yang selalu menjadi hal penting untuk saya pikirkan adalah, ternyata usia yang bertambah membuat segalanya semakin terasa kompleks. Entah itu karena pengetahuan yang kita miliki atau apapun. Pernahkah suatu hari kalian berpikir seperti misalnya, ketika kecil kalian menyuruh seseorang dengan ucapan "Eh aku mau nyuruh kamu ambilin ini dong, itu juga dan bla bla bla" tanpa memikirkan apakah sebenarnya kata yang kita keluarkan itu baik atau tidak, akan menyinggung perasaan orang lain atau tidak, iya mungkin saat itu kita belum berpikir mengenai apa yang dimaksud timbal balik itu. Kebetulan saya sedang berkuliah di Ilmu Komunikasi, dan itu ada pengaruhnya dalam hidup saya karena saya tahu bagaimana itu timbal balik yang baik, mendapatkan yang kita mau dengan komunikasi yang baik, bagaimana berkomunikasi yang baik dan lainnya. Segala yang pernah terjadi di masa lalu atau apa pun yang terjadi sehari-hari ternyata ada dalam materi kuliah dan membuat saya mengernyitkan dahi lalu berkata dalam hati "Oh iya, ya". Kembali lagi pada bahasan di atas, mungkin ketika kecil kita bisa saja melontarkan kata perintah semacam itu, tapi kamu ingat lagi ketika kamu sudah dewasa atau seiring bertambahnya umur kamu, segala yang ingin kamu ucapkan bahkan kamu harus pertimbangkannya berkali-kali.
Mana yang lebih baik antara "Ambilin itu dong cepetan!" dengan "Boleh minta tolong ambilin itu?" bukankah kedua kalimat itu memiliki tujuan yang sama? Meminta di ambilkan sesuatu namun dengan cara yang berbeda, yang satu mungkin dengan kalimat kurang sopan dan yang satu dengan kalimat yang lebih sopan. Kemudian saya ingat lagi banyak sekali hal yang terjadi dalam hidup saya yang menjadi kacau karena kesalahpahaman dalam komunikasi, khususnya komunikasi maya. Saya ingat kata dosen dalam sebuah materi perkuliahan. Dia menuliskan sebuah kata di papan tulis, kata itu adalah "Apa" dan beliau mengatakan, ini adalah satu kata tapi kita bisa membacanya dengan berbagai nada, intonasi dan logat, bisa dengan nada tinggi, nada marah, datar dan lainnya... Dari situ saya berpikir, iya juga ya. Kita berkirim pesan dengan teman atau menulis status di dunia maya, kita menuliskan A dan berarti A bagi kita, tapi belum tentu dengan orang lain yang bisa mengartikannya B, C, D, E atau lainnya. Iya di usia yang semakin bertambah ini ternyata saya harus semakin peduli dan memikirkan dengan baik hal semacam ini. Tidakkah kalian tahu bahwa komunikasi bisa menciptakan masalah besar? Tapi komunikasi sendiri yang kemudian bisa menciptakan suasana menjadi baik kembali.

Berkuliah di Ilmu Komunikasi, memangnya hal itu ada dalam rencana hidup saya sebelumnya? Tidak. Saya seorang siswi yang berasal dari jurusan science, ketika memilih jurusan kuliah, pada awalnya saya memilih science, saya memilih jurusan teknologi pangan dan tak pernah terbesit untuk akhirnya ada di ilmu komunikasi. Tadinya hanya ingin ada di kampus itu, karena fakultas yang ada dan sreg dengan mau saya hanya ilmu komunikasi, ya saya jadikanlah pilihan pertama dan ternyata saya lolos seleksi ujian ini sebagai cadangan dari hasil yang lain. Namun ternyata yang dipilihkan tuhan adalah saya harus berada di ilmu komunikasi. Tapi berada di Ilmu Komunikasi ini beruntung, saya mendapatkan lagi pengalaman hidup yang baru, teman-teman yang baru dan segala hal baru. Mungkin ini menjadi awal perjalanan bagi saya, di usia 19 tahun ini saya harus mensyukuri banyak hal yang menghampiri dan terjadi pada hidup saya. Salah satunya adalah di tempatkan di kampus ini dan dipertemukan dengan orang-orang baik.

Berterimakasih banyak untuk semua teman yang mengirimkan ucapan dan doa, berterimakasih karena masih mau dan ingat pada hari ulang tahun saya. Segala doa yang dihaturkan, agar diaminkan untuk dikabulkan oleh Tuhan. Segala berkah dalam hidup, segala rezeki, kesehatan, kelancaran dalam segala urusan. Terimakasih banyak, entah harus berapa banyak terimakasih yang terucap mungkin takkan cukup untuk semuanya. Terimakasih, untuk apapun. Untuk segalanya. Untuk semua sahabat yang selalu sedia dan siap meluangkan waktunya untuk saya dan segala keikhlasannya untuk menghadapi saya ini :")

Terimakasih Allah subhana wata'ala untuk kehidupan yang indah ini... Semoga masih ada yang lebih lebih indah dan menyenangkan lagi. Hello world, i'm officially 19th.

No comments:

Post a Comment