Monday, February 26, 2018

# 30 Hari Bercerita # Menulis

30 Hari Bercerita


Bulan Januari kemarin, saya sempat mengikuti sebuah program menulis yang ada di Instagram. Saya terambat untuk ikut tapi tak apa demi memproduktifkan diri menulis saya mengikuti program tersebut. Kali ini saya pindahkan tulisan beserta gambarnya kesini supaya masih bisa dilihat disini, tapi tidak semuanya, yang bagi saya memorable saja hehehe. Selamat membaca.


Breaking trust. Butuh waktu yang amat sangat panjang untuk menaruh rasa percaya kepada seseorang sebelum akhirnya hanya butuh waktu sebegitu singkatnya untuk dihancurkan. But, time will heal you? Is it true? Hmmmmm iya waktu katanya bisa mengobatinya, tapi pun tak sebentar waktu yang dihabiskan untuk kembali menumbuhkan dan memupuk rasa percaya itu lagi.
.
Mungkin dari hal tersebut bisa jadi pelajaran bagiku, bahwa dia yang menghancurkan rasa percayamu mungkin belum tentu pantas untuk kamu perjuangkan. Semacam sebuah pertanda dari Tuhan bahwa seleksi alam itu ada, tak semua yang selama ini bersamamu akan selamanya bersamamu.
.
But, it's really hurts when u knowing that someone is breaking ur trust. Kepercayaan itu layaknya sebuah kertas yang kamu remas, ketika kamu mengembalikannya ke posisi semula, akan ada banyak bekas disana-sini dan takkan sesuai dengan posisi sebelumnya. Jadi, ketika seseorang mempercayaimu, mengapa bisa dengan mudahnya kamu menghancurkan kepercayaan orang lain?.
.
Picture source : Pinterest.
.
@30haribercerita #30haribercerita #30HBC1805

Pernah nggak sih ngerasa capek banget sama segala yang terjadi di hidup kamu? Capek ngadepin omongan orang lain yang kadang nyakitin, capek ngadepin perilaku orang lain yang kadang nyakitin dan nggak ngertiin kita, capek dengan segala masalah kehidupan, capek dengan urusan pekerjaan, dan capek-capek lainnya yang akan terjadi dalam kehidupan kita selama kita masih hidup.

.
Sometime we need to take a rest, beristirahat bukan menyerah dari itu semua. Karena pada akhirnya tak ada lagi cara selain "you have to keep going" selama kamu masih hidup kamu harus tetap bertahan, se-capek apapun kamu akan selalu ada waktu untuk beristirahat dan memulai kembali. Percayalah, sampai yang bisa kamu lakukan hanyalah menjalaninya sampai kamu merasa semua biasa saja dan kamu terbiasa. The point is, when you get tired learn to rest, not to give up.
.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1809



Pasti kita sering sekali merasa kok hidup ini nggak sesuai rencana? Kok saya gagal menghadapi bebrapa ujian? Kok sesuatu dalam hidup saya terjadi dengan salah? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.. iya, saya salah satu diantara semua manusia yang berpikiran seperti itu. Terlebih saya adalah kategori orang yang kadang pesimis dan overthinking, kadang berlebihan dalam memikirkan sesuatu yang salah dan kebetulan terjadi pada hidup saya, padahal hal tersebut jelas-jelas tidak baik, merusak pikiran.
.
Padahal tentu segala sesuatu terjadi tak mungkin tanpa sebab, jika pun kamu tidak tahu kelak pada akhirnya kamu akan tahu alasan itu bukan? If something goes wrong, it went wrong for a reason. Bisa jadi hal tersebut mungkin tidak baik bagimu, oleh karena itu Allah menjauhkannya. Atau segala hal lainnya yang pada akhirnya kamu bisa petik sesuatu dari sana, entah itu untuk menguatkanmu, mengajarkan tentang kebaikan, atau pelajaran lainnya yang mungkin baru bisa kamu dapat setelah segala kesulitan terjadi. Tapi ditengah kesulitan itu pastinya kamu tidak akan sendirian, akan selalu ada orang-orang di sekelilingmu yang siap membantumu.
.
Percayalah bahwa rencana Allah tak pernah bisa diduga oleh makhluknya, kita sebagai manusia tentu saja hanya bisa berencana, selebihnya Allah yang berkehendak. Percayalah sesuatu sudah diatur oleh Allah dan akan berjalan sesuai kehendakaknya, inshaa Allah segala kesulitan dan segala sesuatu yang terasa salah pada waktunya akan segera berlalu.
.
@30haribercerita #30haribercerita #30HBC1810
Me every morning be like.... five more minute please!!!!
Tapi sayangnya nggak bisa, tetep harus bangun subuh untuk sholat lalu siap-siap pergi kerja, padahal ingin hati rebahan di kasur sepanjang hari. Istirahat, leyeh-leyeh. Duh enak banget kayaknya. Ya mana mungkin, emangnya kamu anak keturunan pejabat? Keturunan konglomerat? Keturunan ningrat? Keturunan keluarga Bakrie? Ya bukan, lah! Kamu cuma orang biasa makanya harus bekerja dan nggak boleh malas-malasan.
.
Bekerja itu perihal mencari rezeki dan ibadah, serta mencari ilmu, pengetahuan dan pengalaman. Kalau orientasinya di jumlah atau angka nominal gaji pasti inginnya dapat yang besar, kalau orientasinya di gengsi atau apa kata orang lain pasti inginnya posisi kerja yang langsung enak dan di perusahaan dengan prestige yang bisa dibanggakan. Iya nggak? In my humble opinion, pekerjaan apapun kalau niatnya cari rezeki halal dan ibadah Inshaa Allah seberapa besar nominal gajinya akan terasa cukup kalau disyukuri dan dipakai untuk kebutuhan hidup ya bukan gaya hidup (walaupun nggak munafik saya sendiri masih banyak maunya apalagi beli make up dan nonton konser dan belaja baju, hmmm ya ampun). Kalau dipikir-pikir lagi, Allah selalu mencukupkan rezeki untuk kebutuhanmu, bukan untuk gaya hidupmu mungkin ya. Jadi intinya mari bersyukur untuk melihat dari sisi nilai kehidupannya, pengalaman yang ada dan segala yang terjadi dibandingkan dengan melihat dari sisi nilai angka maupun nominal. Jadi, tetap semangat karena apa? Karena semua sudah diatur oleh Allah.
.
Kalau nggak nyambung sama foto gudetama ya nggak apa-apa, aku mah bebas.
.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1811
It's all about priority. No one ever really busy, if they care they will take time for you. Tidak pernah ada orang yang benar-benar sibuk, semuanya tentang prioritas. Jika pun seseorang memang sibuk, dia akan selalu menyempatkan sedikit waktunya untukmu. Iya itu jika kamu ada di urutan prioritasnya.
.
Ada orang yang mencarimu dan mengajakmu bicara di waktu senggangnya dan ada pula orang yang berupaya meluangkan waktu nya untuk berbicara denganmu, kamu termasuk yang mana?.
.
Sungguh, jika kamu adalah prioritas seseorang, sedikit waktu pun akan diluangkan dan sangat berharga. Jika terlalu banyak alasan mungkin yang harus ditanyakan kembali bukan sesibuk itu kah? Tetapi, apakah aku bukan prioritas?.
.
@30haribercerita #30haribercerita#30hbc1818
Suatu ketika saya pernah baca tulisan di blognya Alexander Thian yang membahas kalau laki-laki itu nggak boleh menye-menye dan nggak boleh cengeng, lalu sepanjang membaca tulisan itu saya sangat setuju. I'm totally agree! Seorang laki-laki kalau cengeng itu apa sih yang bisa diandalkan? Ketika dikasih kerjaan berat dia mengeluh, kerasa sesuatu berat dia merengek, big no.
.
Bagi saya ya kalau lihat laki-laki yang terkadang seperti itu ya sebal, kenapa dia yang harusnya jadi sosok tangguh dan pemimpin kenapa harus cengeng? Sesuai dengan quotes dari Taufik Aulia di atas. Dia harus mampu memimpin dan melindungi terlebih kepada wanita karena itu hakikatnya. Jika bahkan pekerjaan berat saja mampu dikerjakan oleh wanita mengapa laki-laki harus mengeluh?.
.
"Dan dunia akan menjadi lebih kejam ketika seorang lelaki terlalu lemah dan tak berbuat apa-apa".
.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1822
Menemukan gambar ini, lucu, tapi merasa "oh jya benar juga" hahahahaha. Totally true! Punya sahabat yang sering banget menertawakan hal yang lucunya dari level receh sampai tingkat akut yang bisa buat terbahak-bahak sampai menangis yaaaaa walaupun seringnya menertawakan sesuatu yang nirfaedah.
.
Atau kemudian sahabat yang kadang tak perlu kita bicara panjang lebar dia sudah bisa paham maksud dari apa yang akan kita sampaikan. Dan juga dia yang selalu menceritakan sesuatu pada kita, apapun, dan yang terakhir tetap keep in touch walaupun jaraknya berjauhan. Sampai detik ini bersyukur sekali karena Allah kasih rezeki lewat sahabat-sahabat yang baik, selalu mengingatkan, bersyukur sekali sampai saat ini didekatkan dengan orang-orang yang alhamdulillah membawa efek positif.
.
Alhamdulillah karena selalu dikelilingi orang-orang baik dengan aura positifnya, semoga aku pun selalu bisa menjadi teman yang baik bagi orang lain dan tetap berbagi hal positif dengan orang lain!.
.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1823
Apa sih bahagianya hidup dengan kebohongan? Cari aman? Cari aman dengan menutupi sebuah kebohongan dengan kebohongan yang lainnya? Bukankah kamu sering mendengar bahwa kebohongan yang ditutup-tutupi kelak akan terbongkar juga? So please put the truth first, ketika sebuah kebohongan tercipta, rusaklah sudah sebuah kepercayaan.
.
Hoaks alias kebohongan, palsu dan tidak benar selalu ada dimana-mana, di sekitar kita, dari mulai kabar yang berseliweran melalui broadcast message sampai mantan pacar yang mengajak putus dengan alasan "kamu itu terlalu baik buat aku" atau alasan klasik anak SMA yang minta putus karena mau ujian tapi taunya punya pacar baru, atau pula pacarmu yang katanya sibuk tapi taunya pergi jalan-jalan, hmmm atau gaji yang katanya di transfer hari H tapi belum cair juga~.
.
Terlalu banyak kebohongan di sekitarku, mari kita lawan segala kebohongan ini! Hiyaaa!.
.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc18hoaks
Life begins at the end of your comfort zone. Hari ini habis ngobrol-ngobrol seputar keluar dari zona nyaman bersama teman-teman semasa kuliah di sebuah cafe di jalan Braga, kota Bandung. The magic happens also at the end of our comfort zone, hidup itu perlu bergerak, bergerak menuju yang positif tentunya. Dan bergerak itu tidak butuh hanya rencana yang kamu umbar pada setiap orang, bergerakmu butuh sebuah hasil sebagai bukti bahwa kamu melakukan pergerakan.
.
Ternyata saya dan teman-teman sudah bergerak sejauh itu, kami pun sudah sejauh itu dalam memaknai hidup masing-masing dan sudah ada di tahap ini. Dimana kami semua asalnya mahasiswa lalu setelah lulus kemudian punya jalan hidupnya masing-masing. Waktu kuliah memutuskan ikut himpunan untuk keluar dari zona nyaman, dan setelah kerja pun ternyata butuh lebih dari itu untuk menantang diri sendiri. Saya orang yang tidak bisa berbicara di depan umum, akan sangat grogi tapi ternyata tuntutan kerja harus membuat saya menjadi seseorang yang melakukan hal tersebut. Apa yang terjadi? Tak ada apa-apa, pengalaman baru. Takut dan grogi hanya pelengkap, pada akhirnya saya tetap baik-baik saja.
.
Kamu mungkin bisa sampaikan rencanamu pada setiap orang yang kamu temui, tapi orang lain takkan mempercayainya sebelum mereka melihat hasilnya. Maka bergeraklah, tak usah berlari, berjalan pun tak apa, asal pasti pada tujuan. Keluar lah dari zona nyamanmu untuk menemukan hal-hal ajaib dan menyenangkan lainnya..
.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc18bergerak #30hbc1828
Setiap orang pernah merasakan titik terlelah dalam hidupnya, lelah dengan perkataan orang lain, lelah dengan kegiatan sehari-hari, lelah dengan rutinitas yang membuat jenuh, lelah dengan segala hal yang menerpa. Saya kadang sesekali dikatakan sebagai perempuan tangguh dan multitasking, bisa melakukan banyak pekerjaan dan nggak keteteran. Walaupun kadang pusing sendiri. Mau menobatkan diri sendiri sebagai perempuan kuat ya saya belum sekuat perempuan-perempuan lain diluar sana. Tapi dengan segala apa yang terjadi, mungkin hal itu menguatkan saya, tapi saya pun sama hanya seorang perempuan biasa, saya bisa lelah. Terlebih dikala bosan dengan segala aktivitas, saya hanya ingin rehat dari segala aktivitas, beristirahat dan melegakan pikiran.
.
Kadang bisa tidur panjang seharian di hari libur itu menyenangkan bukan?
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1829

No comments:

Post a Comment